Pilwabup Rejang Lebong 3 Agustus


Senin, 24 Juni 2013, 11.43 by Nando Hambali

Mulai 1 – 31 Juli nanti, panitia khusus (pansus) DPRD RL sudah melakukan proses dan tahapan pemilihan wakil bupati (Pilwabup) Kabupaten RL yang rencananya akan dilaksanakan 3 Agustus mendatang. Jika dua calon wakil bupati (cawabup) Kabupaten RL, Syafewi S.Pd MM dan Zakaria memenuhi syarat sesuai dengan perundang-undangan yang berlaku. Hal tersebut dikatakan Wakil Ketua Pansus DPRD RL, H Wahono SP. “Paripurna pilwabup dilaksanakan 3 Agustus mendatang. Tetapi sebelumnya, 2 calon tersebut akan diverifikasi dahulu, apakah memenuhi syarat atau tidak. Jika tidak memenuhi syarat, ya kita kembalikan,”

untuk itulah pansus pilwabup membutuhkan waktu selama 1 bulan, untuk mempelajari bagaimana mekanisme dan mengkaji aturan yang digunakan dalam paripurna pilwabup nanti. Sejauh ini ke dua cawabup tersebut dianggap memenuhi syarat. Namun, hal tersebut sebelum dilakukannya pengkajian dan verifikasi yang akan dilakukan bulan Juli nanti. “Misalnya, apakah seorang cawabup harus melepaskan jabatannya atau tidak. Hal itulah yang akan dipelajari. Sekarang inikan kedua-duanya masih memegang jabatan, kita belum tahu aturannya bagaimana. Karena itu nanti, bisa saja kita konsultasi ke gubernur, mengumpulkan literatur dan sebagainya,”

Jika ternyata ke dua cawabup atau salah satunya saja tidak memenuhi syarat, lanjut politisi golkar tersebut, maka paripurna 3 Agustus batal digelar. Hanya saja, Wahono berharap kedua cawabup tersebut memenuhi persyaratan sesuai dengan aturan, sehingga tahun ini Kabupaten RL sudah memiliki Wabup pendamping bupati. “Kalau hanya sekedar kekurangan berkas, masih bisa diperbaiki atau cukup dipenuhi kekurangannya saja. Tetapi, kalau sudah tidak memenuhi syarat, maka harus disampaikan calon pengganti dan paripurna pilwabup tidak bisa dilaksanakan 3 Agustus nanti,” terang politisi berlambang pohon beringin tersebut. Selain itu, masih dalam bulan Juli, pansus akan membentuk panitia pemilih (Panlih). Namun, mereka yang terlibat dalam panlih ini masih dari internal pansus. Tugas panlih sama seperti panitia pemilihan lainnya. Seperti, penghitungan suara jika voting dan sebagainya. “Kita akan bekerja maksimal, supaya Pilwabup bisa berjalan lancar,”

Untuk diketahui, dalam rangka Pilwabup RL menggantikan Alm Drs Slamet Diyono, Bupati RL telah menyampaikan 2 nama cawabup RL, yakni Syafewi S.Pd MM dan Zakaria S.Pd ke DPRD RL. Untuk itu, DPRD RL membentuk pansus pilwabup yang terdiri dari 16 anggota DPRD RL dari unsur fraksi-fraksi dan ditambah 1 orang bukan anggota yakni Sekretaris DPRD RL. Pansus ini sudah mulai bekerja terhitung 1 Juli hingga 31 Juli.

Tinggalkan Komentar Anda...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s